structurebangunan.blogspot.com

Selasa, 20 Desember 2016

PASIR + KRIKIL + AIR + SEMEN = BETON

Salam Pembangunan !!!


Sebagai mahkluk hidup tentu kita memiliki tempat singgah untuk beraktivitas hingga beristirahat, dimana itu yang biasa kita sebut Rumah.
 Sekarang ini banyak gaya rumah yang dimaksudkan untuk menarik perhatian pengunjung (TAMU), dengan design yang bersaing dan material yang berbeda.
kali ini saya ingin menjelaskan sedikit tentang salah satu kebutuhan dalam sektor Pembangunan yaitu beton.
kenapa Beton saya sebut salah satu kebutuhan dalam sektor Pembangunan? karena Beton digunakan untuk Rumah, Gedung, Jembatan, Jalan, Pelabuhan, Bandara, dan Stasiun."artinya setiap pembangunan memang perlu Beton?" oh ya, jelas begitu.

Lalu apa itu BETON ?
Benton merupakan satu kesatuan yang Homogen. Benton ini didapatkan dengan cara mencampurkan agregat halus(pasir), agregat kasar(krikil), dan air, dengan dengan semen portland atau semen hidrolik yang lain. kadang pula dengan tambahan(additif) yang bersifat kimiawi ataupun fisikal pada perbandingan tertentu, hingga menjadi satu kesatuan yang Homogen. campuran tersebut akan mengeras seperti batuan, dimana perkerasan terjadi karena adanya reaksi kimia antara semen dengan air
Membuat beton sebenarnya tidaklah sederhana, hanya sekedar mencampurkan bahan-bahan dasarnya untuk membentuk campuran yang plastis sebagaimana sering terlihat pada pembuatan bangunan sederhana. tetapi jika ingin membuat beton yang baik, dalam arti memenuhi syarat yang lebih ketat karena tuntutan yang lebih tinggi, maka harus diperhitungkan dengan seksama cara-cara memperoleh adukan beton segar yang baik dan menghasilkan beton keras yang baik pula.
Beton segar yang baik ialah beton yang dapat diaduk, dapat diangkut, dapat dituang, dapat dipadatkan, tidak ada kecenderungan untuk terjadi pemisahan krikil dari adukan maupun pemisahan air dan semen dari adukan.
Beton keras yang baik adalah beton yang kuat, tahan lama, kedap air, tahan aus, dan kembang susutnya kecil.
beton juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar